Digital Printing Laser VS Inkjet, Apa Bedanya?

Berbicara tentang dunia percetakan tentu tidak akan lepas dari teknologi mesin cetak yang digunakan. Anda mungkin pernah bertanya, apa bedanya printer yang Anda punya di rumah dengan printer yang ada di tempat percetakan? Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa terdapat tiga jenis printer yang dibedakan berdasarkan material cetaknya, yakni printer laser, printer inkjet, dan printer dot matrix. Printer dot matrix umumnya digunakan untuk mencetak nota, struk, atau continuous form lainnya. Kali ini, kita akan membahas perbedaan printer inkjet vs printer laser, 2 jenis printer yang paling umum digunakan untuk berbagai keperluan mencetak.

Printer Laser VS Printer Inkjet, Apa Bedanya?

Perbedaan paling mendasar antara printer laser dengan printer inkjet adalah jenis material dan metode cetak yang digunakan. Printer inkjet, sesuai namanya, menggunakan tinta (ink) berbentuk cair untuk menghasilkan gambar berwarna pada kertas. Sementara itu, printer laser menggunakan toner alias tinta berbentuk serbuk.

Printer inkjet tentunya lebih familiar bagi masyarakat karena memang paling banyak digunakan untuk keperluan cetak dokumen di rumah, sekolah, atau percetakan dokumen skala kecil. Tidak mengherankan, mengingat harga cartridge tinta printer inkjet yang cukup murah. Selain itu, ukuran printer inkjet pun umumnya cukup kecil, compact, dan tidak memakan banyak ruang.

Sementara itu printer laser memakai cartridge toner yang harganya memang lebih mahal dibanding cartridge tinta, tetapi efisiensi penggunaannya jauh lebih baik daripada tinta printer inkjet. Selain itu, printer laser memiliki kecepatan cetak yang jauh melebihi kecepatan printer inkjet. Kekurangannya, printer laser memakan ruang yang cukup banyak karena ukurannya yang besar. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, printer laser lebih banyak digunakan di tempat yang memerlukan kebutuhan cetak lebih tinggi seperti perkantoran dan usaha percetakan berskala menengah ke atas.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak daftar kelebihan dan kekurangan antara printer laser vs printer inkjet di bawah ini:

printer inkjet, printer canon, printer laser vs printer inkjet, digital printing

PRINTER INKJET

KELEBIHAN

– Harga beli printer & cartridge lebih murah daripada printer laser.

– Ukuran lebih kecil, cocok untuk penggunaan rumah tangga.

– Hampir tidak memerlukan waktu memanasi mesin printer sebelum digunakan.

KEKURANGAN

– Kecepatan cetak yang jauh lebih lambat dibanding printer laser. Mencetak dalam volume besar akan menghabiskan waktu yang lama.

– Karena menggunakan tinta, lebih sukar dibersihkan,

printer laser, printer xerox, printer laser xerox, printer laser vs printer inkjet, jenis printer, perbedaan printer laser dan inkjet, digital printing

PRINTER LASER

KELEBIHAN

– Penggunaan toner yang jauh lebih efisien & lebih awet dibanding tinta, sehingga biaya operasional secara keseluruhan lebih murah.

– Memiliki kecepatan & kapasitas cetak yang tinggi, cocok untuk mencetak dalam volume besar dan penggunaan kantor/ percetakan.

KEKURANGAN

– Harga beli printer dan cartridge toner yang lebih mahal, tetapi efisiensi penggunaannya sepadan.

– Butuh waktu untuk memanaskan mesin sebelum mencetak.

– Ukuran yang lebih besar daripada printer inkjet.

Itulah tadi gambaran perbedaan antara printer laser vs printer inkjet. Masing-masing memiliki karakter masing-masing. Tidak ada yang lebih baik, tetapi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.