Menjadi Makelar Percetakan, Peluang Bisnis Bermodal Komputer Saja

makelar percetakan, bisnis percetakan pemula,

Usaha percetakan merupakan bidang bisnis yang cukup menjanjikan, mengingat kebutuhan cetak masyarakat yang tak pernah habis, bahkan bisa dibilang terus meningkat. Tetapi harga mesin cetak dan kebutuhan operasional industri percetakan pun tak bisa dibilang kecil. Butuh modal yang besar untuk terjun sepenuhnya ke bisnis percetakan. Tetapi, jika Anda memiliki paling tidak sebuah komputer yang cukup memadai serta kemampuan desain grafis, Anda bisa mulai merintis bisnis Anda sendiri dengan menjadi makelar percetakan.

Dalam dunia bisnis percetakan, terdapat beberapa stake holder yang memiliki peran berbeda dalam mata rantai produksi, mulai pemilik mesin cetak, supplier bahan, desainer grafis, hingga tentunya klien yang membutuhkan jasa percetakan itu sendiri. Sebagai makelar percetakan, tugas Anda adalah menjadi “jembatan” dalam mata rantai proses percetakan tersebut.

(Baca Juga: Ingin Usaha Anda Laris? Gunakan 5 Media Promosi Bisnis Ini)

Bisnis makelar percetakan ini terutama memiliki prospek yang cukup baik pada daerah-daerah yang masih jauh dari akses ke percetakan-percetakan besar. Misalnya saja, daerah pinggiran kota atau wilayah lain yang masih jauh dari lokasi perusahaan percetakan. Padahal, masyarakat di daerah-daerah tersebut tentu tetap memiliki kebutuhan percetakan tersendiri.

makelar percetakan, bisnis percetakan pemula

Sebagai makelar percetakan, Anda bisa menawarkan solusi bagi kebutuhan tersebut dan membuka peluang usaha dengan membuka kantor percetakan Anda sendiri. Anda bisa memulai dari rumah atau menyewa tempat kecil sebagai kantor Anda. Pastikan Anda mencantumkan daftar layanan cetak apa saja yang Anda tangani dan jangan lupa untuk mempromosikannya dengan baik.

(Baca Juga: Jasa Digital Print A3+ Murah & Cepat)

Sebelumnya, jangan lupa untuk melakukan survey terlebih dahulu, percetakan mana saja yang memiliki harga reseller atau harga yang lebih rendah dari harga rata-rata pasaran. Kalau perlu, Anda bisa juga mengajukan penawaran kerja sama harga cetak khusus untuk order yang berulang dengan perusahaan percetakan tersebut. Tak lupa, Anda pun perlu membekali diri dengan pengetahuan terkait dunia percetakan, termasuk istilah-istilah serta pengetahuan teknisnya. Jangan sampai calon pelanggan Anda jadi kehilangan kepercayaan karena Anda gagal tampil meyakinkan sebagai seorang pemilik bisnis percetakan.

Dengan demikian, ketika Anda sudah mulai menerima order cetak dari pelanggan atau end user, Anda bisa melempar order tersebut ke percetakan yang Anda ajak kerja sama. Anggaplah harga cetak dari perusahaan percetakan tersebut sebagai ongkos produksi Anda. Selanjutnya, Anda tinggal menambahkan nominal tersebut dengan ongkos tambahan (biaya transportasi, operasional toko, dll.) serta margin keuntungan yang Anda inginkan. Sehingga, biaya akhir yang harus ditanggung oleh pelanggan Anda bisa jadi sama atau selisih sedikit di atas harga pasaran pada umumnya, asalkan pertimbangannya masih cukup masuk akal.

(Baca Juga: Cetak Online, Solusi Mencetak Mudah Tanpa Keluar Rumah)

Sederhana bukan? Jika Anda tekun mencari peluang pelanggan cetak secara kontinyu, Anda bisa mengelola agar bisnis Anda bisa bertumbuh lebih besar dan Anda pun bisa membuka percetakan sendiri yang lebih besar dan profesional.

Sebagai perusahaan percetakan yang besar, Pixel Print memiliki mesin-mesin cetak sendiri dengan hasil yang memadai dan layanan cetak yang cukup lengkap. Pixel Print juga menawarkan harga yang kompetitif, termasuk harga grosir yang lebih murah. Hubungi kami langsung untuk peluang kerja sama bisnis yang menguntungkan bagi keperluan Anda.

 

WhatsApp WhatsApp Kami